IDENTIFIKASI
MASALAH
•Belum adanya kegiatan positif diluar jam sekolah, khususnya bagi siswa setingkat pendidikan SD saat malam hari.
•Kurang berfungsinya remaja desa dalam hal-hal positif demi lebih meningkatkan pengetahuan pendidikan di kalangan siswa SD
•Minimnya kegiatan yang bersifat positif di lingkungan Balaidesa
•Masih minimnya kemauan dan kemampuan warga dalam hal mengembangkan kemampuan pendidikan anak, karena beberapa faktor (Biaya, fsilitas yang belum ada dll)
POTENSI
1. Adanya ENGLISH CLUB yang diadakan remaja desa tapi saat ini tidak berfungsi padahal kaderisasinya masih ada.
2. Posisi Balaidesa yang dekat dengan salah satu Masjid dan dimasjid tersebut terdapat Madrasah Diniyah AL-Hikmah. Dengan jumlah siswa didiknya cukup banyak ada 3 kelas, masing – masing kelas jumlah murid ± 25 siswa dan lebih dari 80% adalah berpendidikan setingkat SD
3. Belum adanya kegiatan positif di lingkungan desa saat diluar jam sekolah khususnya malam hari.
KELEMBAGAAN YANG DIREKOMENDASIKAN
1. Mengaktifkan kembali kegiatan positif diluar jam sekolah dengan berkoordinasi bersama remaja masjid dan remaja desa.
2. Mengaktifkan remaja masjid untuk membuka kembali English Club yang saat ini berhenti
3. Mendirikan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) yang di kolaborasi langsung dengan English Club dengan biaya murah agar semua kalangan masyarakat bisa memanfaatkanya
POKOK RENCANA KEGIATAN
2.Jangka Panjang
•Dengan mengikutsertakan Remaja masjid maupun remaja desa, bahwa setelah program KKN Posdaya berakhir maka kegiatan tersebut bisa tetap berjalan
•Banyaknya prestasi siswa yang meningkat saat disekolah maupun diluar sekolah.
MANFAAT
POTENSI
1. Adanya ENGLISH CLUB yang diadakan remaja desa tapi saat ini tidak berfungsi padahal kaderisasinya masih ada.
2. Posisi Balaidesa yang dekat dengan salah satu Masjid dan dimasjid tersebut terdapat Madrasah Diniyah AL-Hikmah. Dengan jumlah siswa didiknya cukup banyak ada 3 kelas, masing – masing kelas jumlah murid ± 25 siswa dan lebih dari 80% adalah berpendidikan setingkat SD
3. Belum adanya kegiatan positif di lingkungan desa saat diluar jam sekolah khususnya malam hari.
KELEMBAGAAN YANG DIREKOMENDASIKAN
1. Mengaktifkan kembali kegiatan positif diluar jam sekolah dengan berkoordinasi bersama remaja masjid dan remaja desa.
2. Mengaktifkan remaja masjid untuk membuka kembali English Club yang saat ini berhenti
3. Mendirikan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) yang di kolaborasi langsung dengan English Club dengan biaya murah agar semua kalangan masyarakat bisa memanfaatkanya
POKOK RENCANA KEGIATAN
Pokok kegiatan di kelompok 16 ini dibagi menjadi 2 yaitu, kegiatan pendahuluan dan kegiatan utama:
1.Kegiatan Pendahuluan
Tahap sosialisasi dan pendekatan ke masyarakat dimulai saat bulan ramadhan dengan ikut mengajar di Madrasah Diniah AL-Hikmah
2. Kegiatan Utama
•Koordinasi langsung dengan Remaja masjid dan Remaja desa untuk bisa melaksanakan proker.
•Pendirian Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) dan mengaktifkan English Club.
HASIL
YANG DIHARAPKAN
1.Jangka Pendek
• Adanya kegiatan dimalam hari yang bisa mengaktifkan remaja maupun siswa didik
•Adanya penambahan pengetahuan pendidikan diluar sekolah dengan adanya LBB tersebut. 2.Jangka Panjang
•Dengan mengikutsertakan Remaja masjid maupun remaja desa, bahwa setelah program KKN Posdaya berakhir maka kegiatan tersebut bisa tetap berjalan
•Banyaknya prestasi siswa yang meningkat saat disekolah maupun diluar sekolah.
MANFAAT
•Dapat membantu masyarakat dalam hal peningkatan kemampuan pendidikan siswa saat berada disekolah maupun di luar sekolah
•Mengurangi kegiatan yang kurang bermanfaat dimalam hari oleh anak-anak setingkat SD
•Hidupnya kembali kegiatan-kegiatan positif di Balaidesa
•Meminimalisis terjadinya bibit-bibit kenakalan remaja,
PROGRAM-PROGRAM KERJA
1.
PROGRAM POKOK K1 (SESUAI DENGAN TEMA DAN ATAU
BIDANG)
Progam pokok adalah program yang harus dilaksanakan
oleh mahasiswa KKN. Mahasiswa yang bersangkutan bertanggungjawab penuh atas
program tersebut baik secara ilmiah maupun operasional. Maka program K1 kami
adalah Pendirian dan Kaderisasi Organisasi LBB Desa.
2.
PROGRAM POKOK TAMBAHAN K2 (DI LUAR BIDANG ILMU
DAN TEMA)
Program pokok tambahan adalah program yang menjadi
tanggung jawab mahasiswa KKN, di luar bidang dan temanya. Hal ini karena ada
mahasiswa yang memiliki ilmu dan ketrampilan tambahan di luar bidang dan tema
KKN yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Maka program K2 yang kami
rencanakan diantaranya Pelatihan Kerajinan Bros dari Kain Flanel; Pelatihan
Pembuatan Keripik dari Kulit Pisang serta Pelatihan Pembuatan Dendeng yang dibuat
dari Bonggol Pisang.
3.
PROGRAM BANTU (NONDISIPLINER)
Yaitu program kerja yang dikerjakan mahasiswa KKN
dimana sifatnya hanya membantu peserta KKN bidang kelompok lain secara
operasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar